Hartabuta :
Selasa, 5-4-2022.
History :
Bermula dari share Video Ceramah UAS.
[4/4 22.36] Gus Syamsir Kico BDK: https://fb.watch/caNLUNF5BS/
[4/4 22.52] Gus Syamsir Kico BDK: Dikomentari pundi ingkang sae teh
[4/4 22.53] Gus Syamsir Kico BDK: Kita ini orang awam monggo poro yai di pun terngaken dateng dulur dulur nggih
[4/4 23.00] +62 856-...0-...1: Nuwunsewu, Menurut Kulo apa yg diajarkan oleh Mbah buyut kita sampun betul... Contoh ketika Kulo tangklet bapak, pak nopo'o niat witir Ten langgar mriki (langgar Mbah Yusuf) kok: أصلي سنة *من الوتر* ركعتين لله تعالى bapak namung njawab: Mbahmu mbiyen mulange ngono (tanpa penjelasan apapun), setelah Kulo mondok, ngaos alfiyah Ibnu Malik ternyata wonten keterangan bilih Huruf من niku salah setunggal faidahipun inggih punika nuduhaken makna sebagian, sehingga kalau niat witir menggunakan cara di atas maka, niat witir sudah betul dan bisa dilanjut malam hari dengan hitungan genap. Dan menurut saya penjelasan UAS Fatal kesalahannya 🙏🙏🙏 والله أعلم
[4/4 23.03] +62 856-...0-...1: Berarti maksud dari niat _MINAL WITRI_ adalah saya niat sebagian dari sholat witir yg jumlahnya sebelas, saya lakukan 3 dulu setelah teraweh, atau bisa diartikan saya niat sholat ini bagian dari witir (1 rokaat). Mekaten penjelasanipun guru2 kami wekdal ngaos bab Huruf jar.
[4/4 23.05] +62 856-...0-...1: Terose imam Ibnu Malik: بعض وبين وابتدئ فى الأمكنة*بمن وقد تأتي لبعض الأزمنة🙏🙏🙏
[4/4 23.07] +62 856-...0-...1: Video Niki riyin kebetulan sampun Nate Kulo lihat sampe tuntas, dan menurut Kulo penjelasannya mboten tepat dan mengada² dengan menyebut SHOLAT SYAF' 🙏🙏🙏
[4/4 23.12] +62 856-...0-...1: Monggo menawi ada pendapat lain 🙏🙏🙏 penjelasan guru² Kulo niku jauh sebelum ada keterangan dari UAS 😁🙏🙏🙏dados penjelasan guru kami bukan dalam rangka mengkritisi UAS, tapi menjelaskan pelajaran Faidah Huruf Min pada niat bagian sholat witir yg genap... 🙏🙏🙏
[4/4 23.13] Gus Syamsir Kico BDK: Matr nuwun yi penjelanya jnih
[4/4 23.14] +62 856-...0-...1: Mungkin UAS Durung tau ngaji Turutan no langgar Kulon 😁😁😁
[4/4 23.22] Shoodiqiin Murni Karangdowo-Sandingrowo: Nyimak mawon
[4/4 23.24] Gus Syamsir Kico BDK: Heheee leres yi mau langsung di kirim dateng grup hamaah tempat samsir dados imam tetapmasjid thaalib al azhar
Niku wau sheran saking ketua dkm yi alhamdulillah wonten penjelasan saking jenengan natr nutr nuwun
[4/4 23.32] +62 856-...0-...1: 🙏🙏🙏
[4/4 23.34] +62 823-...3-...7: Yg salah yang jelaskan 😂
[4/4 23.34] +62 856-...0-...1: 🤣
[4/4 23.35] Gus Syamsir Kico BDK: Ada penjelasan detail saking mbah yai Arif
[5/4 00.12] +62 856-...0-...1: Sebagaimana niat puasa yg SUDAH BETUL SESUAI AJARAN MBAH², ketika keluar ternyata malah jadi kurang afdhol, seperti pengucapan Niat Romadhona dalam niat puasa yg kita baca... Penjelasannya berikut 👇🏻
[5/4 00.12] +62 856-...0-...1: *ANTARA ROMADHONI ATAU ROMADHONA* ✍🏻😇🙏🏻
Kata ROMADHON termasuk Isim Ghairu Munshorif (karena isim alam dan tambahan alif dan nun), yang apabila dalan kondisi i'rob Jer maka alamatnya menggunakan FATHAH menjadi (ROMADHONA), namun apabila isim tersebut disandarkan kepada lafadz setelahnya (diidlofahkan) atau kemasukan Alif-Lam (AL) maka tanda i'rob Jernya menggunakan KASROH menjadi ROMADHONI (NI) bukan (NA).
Imam Ibnu Malik di dalam bait alfiyahnya berkata
وَجُرَّ بِالْفَتْحَةِ مَا لاَ يَنْصَرِفْ * مَا لَمْ يُضَفْ أَوْ يَكُ بَعْدَ أَلْ رَدِف
Dan dijerkan dengan FATHAH terhadap isim yang tidak menerima tanwin (Isin Ghairu Munshorif), selama tidak dimudhofkan atau berada setelah AL yang mengiringinya.
Jadi redaksi *niat puasa Romadlon yang benar adalah sebagai berikut :*
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ فرضا لِلّه تَعَالَى
NAWAITU SHOUMA GHODIN ‘AN ADAA-I FARDHI SYAHRI ROMADHOONI HADHIHIS-SANATI LILLAAHI TA’ALA.
Yang kalau diterjemahkan adalah : aku niat puasa besok hari untuk melaksanakan kewajiban bulan Romadhon pada tahun ini, karena Allah ta'ala.
Nah, dalam redaksi niat di atas, apabila lafadz Romadlon dibaca Fathah (ROMADHONA) bukan (Ni) dengan tidak mengidlofahkan kepada lafadz setelahnya yaitu lafadz (HADZIHIS SANATI) maka lafadz (HADZIHIS SANATI) secara ilmu nahwu (gramatika bahasa arab) seharusnya menjadi Dhorof, yang harus dibaca HADZIHIS SANATA (TA) bukan (TI), karena status i’robnya adalah Nashob, sehingga redaksi niatnya menjadi sebagai berikut :
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةَ لِلّه تَعَالَى
NAWAITU SHOUMA GHODIN ‘AN ADAA-I: FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HADHIHIS-SANATA FARDHON LILLAAHI TA’ALA.
Maka jika redaksinya sebagaimana di atas ini, secara bahasa arab terjadi perubahan makna, menjadi sebagai berikut :
(Aku niat puasa besok, untuk melaksanakan kewajiban bulan Romadlon, selama setahun ini).
Kenapa begitu ?
Karena lafadz HADZIHIS SANATA status sebagai Dhorof yang menunjukkan waktu dilaksanakannya suatu pekerjaan yang dalam hal ini pekerjaannya adalah niat atau puasa, padahal niat hanya membutuhkan waktu beberapa detik, demikian halnya puasa hanya butuh beberapa jam tidak sampai satu tahun.
Sehingga apa bila niat puasa memggunakan redaksi sebagaimana di atas ROMADHONA (NA) dan HADZIHIS SANATA (TA), maka redaksi yang salah.
Oleh karena itulah redaksi *niat yang benar adalah* sebagaimana yang pertama di atas yaitu :
*نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ فرضًا لِلّه تَعَالَى*
NAWAITU SHOUMA GHODIN ‘AN ADAA-I FARDHI SYAHRI ROMADHOONI HADHIHIS-SANATI FARDLON LILLAAHI TA’ALA.
Di dalam Kitab I’anatu at-Tholibin, juz 2/253, dijelaskan sebagai berikut :
يُقْرَأُ رَمَضَانِ بِالْجَرِّ بِالْكَسْرَةِ لِكَوْنِهِ مُضَافًا إِلَى مَا بَعْدَهُ وَهُوَ إِسْمُ اْلإِشَارَة
Romadhoni (ni) dibaca jer dengan KASROH karena statusnya menjadi Mudlof kepada kalimat setelahnya yaitu isim isyaroh.
Kitab I'anah Thalibin
(قوله: نويت إلـخ) خبر عن أكملها: أي أكملها هذا اللفظ. (قوله: صوم غد) هو الـيوم الذي يـلـي اللـيـلة التـي نوى فـيها. (قوله: عن أداء فرض رمضان) قال فـي النهاية: يغنـي عن ذكر الأداء أن يقول عن هذا الرمضان. اهــــ. (قوله: بـالـجرّ لإِضافته لـما بعده) أي يقرأ رمضان بـالـجرّ بـالكسرة، لكونه مضافاً إلـى ما بعده، وهو اسم الإِشارة. قال فـي التـحفة: واحتـيج لإِضافة رمضان إلـى ما بعده لأن قطعه عنها يصير هذه السنة مـحتـملاً لكونه ظرفاً لنويت، فلا يبقـى له معنى، فتأمله، فإنه مـما يخفـى. اهــــ. ووجهه: أن النـية زمنها يسير، فلا معنى لـجعل هذه السنة ظرفاً لها. (قوله: هذه السنة) .(إن قلت) : إن ذكر الأداء يغنـي عنه. (قلت) لا يغنـي، لأن الأداء يطلق علـى مطلق الفعل، فـيصدق بصوم غير هذه السنة. وعبـارة النهاية: واحتـيج لذكره ــــ أي الأداء ــــ مع هذه السنة، وإن اتـحد مـحترزهما، إذ فرض غير هذه السنة لا يكون إلا قضاء، لأن لفظ الأداء يطلق ويراد به الفعل. اهــــ.وفـي البرماوي: ويسن أن يزيد: إيـماناً واحتساباً لوجه الله الكريـم عزّ وجلّ. اهــــ
والله اعلم بالصواب..
[5/4 04.16] +62 852-...9-...6: Leres ustadz , Kulo anut panjengan njih. .
.
Ustadz @arif khuzaini pakare Alfiyah. Jozzzzzz👍👍👍👍👍👍👍
.
.ketingale UAS boten Nate ngaos turutan .nopo Malih ALFIYAH , malah boten Nate blas...
[5/4 04.20] SUHU PSPB RONGGOLAWEZ21:
*💥الحمد لله رب العالمين🌟*
*💥صلى الله على محمد🌟*
*💥بارك الله فيكم وفيهم و فينا أبدا ببركة طلب العلم في شهر رمضان ... أمين أمين أمين اللهم أمين 👳♂️🙏👍☝️✋🇲🇨🕋❤️🌟*
[5/4 04.27] SUHU PSPB RONGGOLAWEZ21: Adapun Redaksi Bacaan Niat Puasa Romadloon sudah pernah dishare di Group BDK ini per Rabu, 21-4-2021.
Lbs lol sekarang ada tambahan pencerahan dari beliaunya.
👳♂️🙏👍🇲🇨🕋❤️💥🌟
🔽
Ini Puasa Romadloon tahun lalu ...
🔽
https://demangkayunan.blogspot.com/2022/04/redaksi-niat-puasa-romadloon-manakah.html?m=0
[5/4 04.28] SUHU PSPB RONGGOLAWEZ21: Lbs lol ---> Lha kok
[5/4 04.29] SUHU PSPB RONGGOLAWEZ21: Tulisan berubah sendiri, lupa kontrol, muncul tulisan aneh2 ... 👳♂️😭🙏🌟
[5/4 05.17] +62 856-...0-...0: kulo derek aken ulama' salaf kemawon godokan masak ane banget matenge kanton dahar mawon🙏kulo boten
ngantos mendetel ngaos nahwu sorof 'irob nopo malih alfiyah , nk rumaos kulo niat seng leres gh niki🙏anut kyai kulo biyen 🙏🙏🙏
[5/4 06.20] +62 856-...0-...1: 🤣guyon niku yi... 🤭🤭🤭🙏🙏🙏 Ngapunten 🙏🙏🙏🙏
[5/4 06.27] +62 852-...9-...6: Guyone tiyang 'alim nggih.ngoten niku.
.
.
Penuh dg ilmu
و الحمد لله رب العالمين
صلى الله على محمد
0 comments:
Post a Comment